Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits di di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah karena ada banyak sekali spot foto yang telah beredar yang di dunia maya yang memperlihatkan tentang berbagai keindahan dari umbul ponggok tersebut. Umbul Ponggok adalah kolam alami yang airnya itu sangat bersih dan jernih. Yang menjadi daya tarik para wisatawan dari pemandangan bawah air yang ada di kolam ini karena kolamnya sangat indah dan terdapat beragam jenis ikan warna warni yang sangat cantik.

Kata Umbul Ponggok ini memiliki arti yaitu kata Umbul adalah mata air dan kata Pongok adalah sebuah desa diamana terdapat mata air ini, jadi Umbul Pongok adalah mata air yang terdapat di desa Ponggok. Di tempat wisata ini sealain adanya pemandangan yang sangat memukau juga terdapat wisata snorkelling yang dapat dijadikan seperti berada di dalam taman laut yang sangat indah tanpa harus takut dengan adanya sebuah gelombang atau ombak yang akan menerjang, karena tempat ini bukan laut melainkan sebuah kolam renang yang memiliki sumber mata air yang alami.

Sebenarnya Umbul Ponggok ini telah ada sejak dari zaman Belanda yang memiliki ukuran sekitar 50 x 25 meter dengan kedalaman rata-rata yaitu sekitar 1,5 hingga 2,6 meter. Kolam Umbul Ponggok ini masih sangat alami dan berbeda dengan kolam lainnya dengan dasarnya yang menggunakan sebuah keramik, sedangkan untuk Umbul Ponggok ini dengan berupa bebatuan, hamparan pasir, ikan-ikan yang masih sangat alami, jadi seakan-akan terasa seperti sedang berada dibawah laut, kemudian untuk airnya juga tidak terasa amis karena airnya selalu terus mengalir.

Umbul Ponggok pun sering dijadikan sebagai lokasi tempat latihan diving bagi para penyelam yang masih dalam tahap pemula sebelum mereka benar – benar akan menyelam kedalam laut. Untuk para wisatawan yang tidak ingin snorkelling atau tidak bisa berenang, maka sudah disediakan sebuah perahu kayuh untuk mengelilingi Umbul Ponggoknya dan untuk anak-anak juga telah disediakan kolam renang yang berukuran kecil yang dapat dijadikan sebagai tempat bermain ataupun untuk belajar berenangnya.