Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit dengan pemandangan yang bisa menhadirkan sunrise berbeda dibandingkan dengan teampat atau spot berburu sunrise yang lainnya. Karena para pengunjung di Punthuk Setumbu ini akan disuguhkan dengan adanya panorama keindahan sunrise yang di latari oleh Siluet Candi Borobudur, siluet Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang nampak terlihat seperti samar-samar di bawahnya karena tertutup oleh adanya kabut dan bahkan ada orang yang menyebutkan bahwa pemandangannya itu memiliki efek kabut alami yang mirip mystical forest.

Suasana di Punthuk Setumbu ini sangat sejuk karena memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl, jadi sangat disarankan untuk menggunakan jaket tebal biat tidak kedinginan saat berada di puncaknya. Untuk bisa ketempat ini para pengunjung harus berangkat lebih pagi supaya moment sunrisenya bisa di dapatkan, karena kalau telat akan disayangkan moment sunrisenya tidak kebagian. Namun jangan hawatir karena kalau telat sudah ada ojek khusus yang bisa mengantarkan ke tempat tersebut lebih awal, selain ojek apabila Anda tidak ingin terlewatkan maka pengunjung bisa menginap di area sekitar yang dekat dengan Punthuk Setumbu.

Fasilitas yang terdapat di Punthuk Setumbu ini terbilang cukup lengkap mulai dari tempat parkir kendaraan, mushola, toilet, gazebo, gardu pandang, warung makan, camp ground, spot foto yang sangat menarik, tempat penginapan dan sebagainya. Gimana menurut Anda sangat menarik bukan? Silahkan coba dan ajak teman atau keluarganya, jangan sampai terlewatkan moment sunrise yang sangat indahnya, kami juga menyarankan kepada Anda yang akan berkunjung sebaiknya berankat ke Punthuk Setumbu ini di hari senin s/d jum’at karena kalau hari sabtu dan minggu atau hari libur lainnya biasanya suka penuh dengan para pengunjung.