Pemandian Lumban Tirto merupakan salah satu tempat wisata pemandian yang sangat menarik, indah dan dapat memberikan sebuah sensasi yang sangat luar biasa, lokasi tempat wisata pemandian ini berada di Daleman Klaten Provinsi Jawa Tengah, tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik itu pada hari liburan ataupun pada hari biasa, karena memang tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama dengan si buah hati ataupun bersama dengan angggota keluarga.

Luas dari kolam Pemandian Lumban Tirto ini yaitu sekitar 700 m2 dengan kedalaman rata-rata yaitu sekitar 1,5 meter. Pada bagian sebelah barat laut dari lokasi pemandian Lumban Tirto ini terdapat Umbul Ingas dengan sebuah pemandangan untuk panorama yang sangat bagus dan menarik. Kemudian untuk sumber air yang mengalir ke Pemandian Lumban Tirto juga ternyata suka digunakan untuk air minum dari Kraton Surakarta Hadiningrat atas prakarsa Paku Buwono X hingga pada saat ini.

Tempat pemandian Lumban Tirto ini sangat ramai dikunjungi dan digemari oleh para penduduk setempat khususnya untuk kalangan muda-mudi pada saat-saat hari libur baik itu hanya sekedar untuk mandi ataupun hanya untuk bermain air saja. Yang menjadi daya tarik di tempat ini selain sangat indah yaitu peduduk lokat atau warga setempat sangat ramah terhadap para pengunjung yang datang baik itu pengunjung lokal, luar daerah ataupun dari mancanegara. Untuk fasilitas yang ada di  pemandian Lumban Tirto ini juga terbilang cukup lengkap diantaranya yaitu ada area parkir kendaraan yang cukup luas, penginpan, kamar mandi, mushola dan sebagainya.