Pantai Parangtritis merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di pesisir pulau Jawa dan merupakan pantai yang sangat Indah. Pantai ini selain populer dengan keindahan alamnya, pantai ini pun menjadi salah satu tempat wisata andalan kota Yogyakarta serta sangat dikenal dengan aroma spiritualnya yang terbilang cukup kental karena ada yang menyebutkan bahwa dari Pantai Parangtritis ini merupakan sebuah pintu gerbang dari istana kerajaan laut selatan yang dipimpin oleh Nyi Ratu Kidul. Konon katanya, bahwa Nyi Ratu kidul ini menyukai dengan warna hijau, oleh karena itu para pengunjung yang datang ke tempat ini tidak disarankan untuk mengenakan pakaian yang berwarna hijau, jika memaksakan untuk  mengenakannnya maka ada sesuatu yang buruk akan terjadi. Untuk antisipasi mau percaya atau pun tidak percaya, maka alangkah baiknya untuk tidak mengenakan pakaian yang berwarna hijau.

Deburan dari suara ombak di Pantai Parangtritis yang menyapu hamparan pasir hitam disertai dengan adanya hembusan suara angin yang khas dan pemandangan saat matahari terbenamnya pun tidak kalah indah dengan pantai Kuta Bali, sehingga dapat membuat pasangan dan keluarga Anda betah untuk berlama-lama menikmati pemandangan di pantai ini. Dengan begitu maka pantai ini sangat cocok untuk Anda kunjungi saat berlibur bersama dengan keluarga atau pun dengan pasangan kekasihnya. Selain itu hal yang tidak kalah menarik lainnya bahwa di pantai ini terdapat gumuk atau gundukan pasir di area sekitaran pantai yang merupakan gurun pasir yang ada di Asia Tenggara.

Pantai Parangtritis ini oleh masyarakat jogja suka disebut-disebut sebagai salah satu lambang dari kekuatan trimurti Yogyakarta, Gunung Merapi dan juga Keraton Kesultanan Jogja. Karena Pantai Parangtritis ini memiliki elemen air, Gunung Merapi memiliki elemen api dan Keraton Kesultanan Jogja berperan sebagai penyeimbang dari keduanya. Apabila ditarik dengan garis lurus, maka posisi ketiganya ini berjajar di satu garis yang sama dari bagian arah utara ke bagian arah selatan.