Candi Ratu Boko ini dibangun di area tanah seluas 250.000 meter persegi dengan ketinggian 196 meter dpl. Pada area atau lokasi dari Candi Ratu Boko ini pengunjung akan disambut dengan lapangan, bangunan gapura utama, kolam, candi pembakaran jenazah, paseban istana dan batuan berumpak. Kemudian selain itu pengunjung juga dapat melihat  bagian balai-balai, pendopo, keputren, kolam dan candi. Stupa Budha, goa dan kolam menghiasi pada bagian sebelah timur sedangkan pada bagian sebelah barat hanya terdapat perbukitan saja.

Ketika berada didalam area ini pengunjung dapat menelusuri berbagai keindahan dari bebatuan yang terdapat di istana Ratu Boko ini, karena semua yang ada di area ini dapat memberikan sebuah nilai edukasi dan historis untuk mengenal lebih dalam tentang sejarah masa lalu. Yang menjadi keunikan lainnya dari candi Ratu Boko ini sebagai tempat beribadah agama Hindu dan Budha karena pada setiap corak yang mewarnainya menandakan ketoleransian terhadap umat beragama dan patut dijadikan sebagai teladan yang sangat baik.

Selain itu juga terdapat sumur misteri yang terdapat pada bagian sebelah tenggara dari candi Ratu Boko. Yang konon katanya bahwa air dalam sumur ini masih sangat sering digunakan masyarakat sekitar karena air suci yang telah diberikan mantra dapat memberikan sebuah  keberuntungan. Sedangkan untuk masyarakat Hindu yang mengambil air dari sumur ini yaitu sebelum pada upacara Tawur Agung. Nah, untuk Anda para pengunjung yang ingin melihat secara langsung prosesi dari upacara Tawur Agung ini datanglah sehari sebelum hari raya Nyepi dilaksanakan.

Di area candi Ratu Boko juga terdapat banyak spot foto terabaik yang sangat indah dan menarik, kemudian pengunjung juga bisa menyaksikan pemandangan sangat indah lainnya yaitu pada saat sang surya akan tenggelam dan bahkan para pengunjung asing mengakui bahwa sunset yang ada di area candi Ratu Boko ini merupakan sebuah keindahan alam yang sangat eksotis.